Vaksinasi

Setuju vaksinasi atau menolak vaksinasi? Seringkali itu menjadi dilema bagi para orang tua, tapi tidak terjadi bagi para orang tua di Italia, karena pemerintah Italia mewajibkan 10 jenis vaksinasi yang harus diberikan kepada anak-anak, antara lain polio, difteri, tetanus, hepatitis B, diphtheria, tetanus, hepatitis B, haemophilus influenzae B, campak, penyakit gondok, rubella, batuk rejan, dan cacar air.

Pemerintah Italia mewajibkan kesepuluh vaksin tersebut karena negara mereka menduduki posisi tertinggi ke dua di daratan Europa yang terkena serangan wabah campak, setelah Romania. Menurut dailymail, kebijakan ini memang membawa perbaikan. Akan tetapi, kebijakan ini dinilai mempersulit orang tua karena mereka harus menyiapkan berkas resmi sebagai bukti putra-putri mereka telah mendapatkan 10 jenis vaksinasi tersebut, dan sebagai syarat pendaftaran sekolah. Hal ini mengancam inklusifitas sekolah.

Oleh sebab itu mulai tahun ajaran baru tahun 2018, pemerintah Italia melonggarkan peraturan, mereka tidak lagi menuntut orang tua menyiapkan berkas resmi sebagai bukti vaksinasi, melainkan bisa cukup dengan melaporkan secara lisan.

 

Sources:

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-6038571/Italy-relaxes-laws-mandatory-childhood-vaccinations.html

https://www.vaccinestoday.eu/stories/vaccines-mandatory-italy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *