Ketika Anak Sudah Mencapai Usia 6 tahun…

Anak berusia 6 tahun mengalami sebuah fase yang disebut middle childhood, dimana pertumbuhan fisik bisa mencapai 5-6 cm setiap tahun. Mereka yang semula cukup senang berada di dekat sang ibunda, mulai bereksplorasi dunia luar dan mulai meninggalkan zona aman.

Mereka yang dianugerahi Tuhan dengan bakat fisik yang bagus, akan tumbuh dengan kecintaan pada aktifitas fisik seperti berlari dengan kencang, melempar bola dengan kuat, memanjat dll. Sedangkan mereka yang diberkahi dengan bakat kognitif akan cenderung pandai melontarkan argumen dengan bahasanya yang sederhana dan menggelitik.

Energi yang dibutuhkan begitu tinggi, sehingga makan yang cukup haruslah diperhatikan. Selain itu, biarkan anak-anak aktif berkegiatan fisik, entah dengan berolahraga, ataupun bermain-main di luar dengan kawan-kawannya. Tidak ada kata lain yang menggambarkan besarnya manfaat bermain-main di luar, karena juga bermanfaat untuk perkembangan kognitif sang buah hati.

Kini, putra atau putri anda sudah meningkat kordinasi motoriknya. Tak heran jika saat menggunting, hasilnya lebih rapi. Mereka pun cepat mengikat tali sepatu dan memasang kancing baju.

Milestone

  1. Kemampuan locomotor skills  berkembang dengan bagus sehingga mereka bisa berlari dengan gesit, menari dan aktifitas fisik yang lain
  2. Memahami aturan yang ditetapkan dalam permainan, tidak asal bermain sendiri
  3. Menunjukkan kordinasi mata dan tangan

Source:

https://www.verywellfamily.com/6-year-old-emotional-development-620703

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *