Tips memperkuat kerjasama Tim

Team work itu sangat penting sekali, tak peduli seberapa keren pun orang di dalamnya, jika mereka tidak memiliki skill dalam bekerjasama, teamwork tidak akan berjalan dengan efektif dan performa tugas kelompok tidak akan maksimal. 

Tidak mudah memang menyatukan banyak kepala dalam satu wadah proyek, apalagi jika background yang dimiliki per kepala berbeda satu sama lain, ditambah kebutuhan besar untuk ego masing-masing

Menurut thebalancecareers.com, ada 10 tips yang bisa dilakukan agar kerjasama Tim bisa lebih kuat

  1. Komitmen kuat untuk mencapai tujuan dari kerjasama ini. Jika kita punya misi dan arah yang jelas dari kerjasama ini, ketika di tengah jalan sudah mulai goyah, kita akan mulai ingat tujuan yang akan dicapai.
  2. Saling percaya satu sama lain. Ini adalah kunci utama. Apabila satu sama lain meragukan kesetiaan dan khawatir suatu saat akan dikhianati, akan menghambat laju efektifitas tim. Tidak masalah jika tidak setuju satu sama lain, karena itu adalah hal yang normal dalam organisasi. Yang berbahaya adalah jika tidak ada kepercayaan satu sama lain. 
  3. Komunikasi terbuka, jujur, dan saling menghormati satu sama lain. Setiap orang bebas mengutarakan pendapat, opini atau buah pemikiran atau ide pada sebuah permasalahan yang ada, dan masing-masing harus saling menghargai dan mendengarkan sekaligus memahami sehingga ditemukan sinergi yang tepat dan setiap orang merasa dimengerti dan dipahami. 
  4. Merasa bagian dari group. Jangan sampai dalam group ada seseorang yang merasa tersingkirkan ataupun terasing. 
  5. Setiap anggota Tim dianggap sebagai bagian dari keunikan masing-masing yang memiliki pandangan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Penyatuan sinergi ini menciptakan sebuah hasil yang luar biasa. 
  6. Kreatifitas, inovasi dan sudut pandang yang berbeda adalah hal yang diharapkan dalam organisasi. Tidak ada solusi yang langsung bisa menyelesaikan masalah dalam satu kali langkah, kecuali dalam negeri dongeng. Dibutuhkan evaluasi untuk terus memastikan proses itu berjalan baik dan diperbaiki hingga sesuai dengan tujuan. 
  7. Tim kerjasama selalu memperbaiki proses, praktek dan interaksi secara terus menerus. 
  8. Tim setuju bahwa dalam penyelesaian konflik dalam tim diselesaikan dengan prosedur yang ditentukan, bukan dengan mengatasinya secara personal dan memihak salah satu anggota.
  9. Menerapkan kepemimpinan partisipatif dimana para anggota dilibatkan dalam performa pekerjaan
  10. Anggota dalam tim dilibatkan dalam membuat keputusan bersama

https://www.thebalancecareers.com/tips-for-better-teamwork-1919225

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *