Mengetuk Pintu Dunia Quantum…

Ketika membaca tentang dunia kuantum di sciencenewsforstudents, saya terhenyak dengan sebuah contoh yang menggambarkan dunia kuantum. Seperti sebuah epipheny yang menyadarkan saya bahwa dunia bereaksi sesuai dengan tindakan kita, dan tindakan kita sangat dipengaruhi oleh pikiran..

Intinya, dengan kekuatan pikiran, kita bisa berikhtiar untuk merubah takdir kita, kecuali takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah, kematian, jodoh, dan rejeki.

Ah saya jadi tersadar, pikiran negatif terlalu menyesatkan hidup kita, Seandainya bisa berfikir netral, at least. Hidup ini akan lebih menyenangkan dan menenangkan, bukan? 

Lalu, apa sih dunia Quantum? 

Ada yang menyebut bahwa dunia Quantum seperti riak-riak air di atas danau. Terkadang partikel di dunia ini bergerak seperti partikel padat dan terkadang seperti gelombang, dia bisa berubah dan tidak pasti. Kenapa tidak ada kejelasan hukum alam untuk itu? Memang dunia kuantum sangat misterius dan menarik untuk disingkap lebih dalam. 

Ada hal yang menarik nih, pada tahun 1935, seorang Fisikawan dari Austria membuat sebuah eksperimen imajinasi tentang kucing. Dia membayangkan ada seekor kucing di dalam kotak yang tersegel. Dia membangkan kotak tersebut berisi alat yang mengeluarkan gas beracun. Jika gas itu keluar, maka kucing itu akan mati. Kemungkinannya antara gas itu kelar dan membunuh kuling itu 50-50%. Kucing itu bisa tetap hidup atau mati. Jika kucing itu bersikap seperti partikel kuantum. Dia bisa antara hidup dan mati dalam satu waktu. Dan ini bisa disebut sebagai superposition.

Kita tidak pernah tahu takdir kucing itu antara hidup dan mati kecuali ada seseorang membuka kotak bersegel itu dan bersaksi dengan apa yang dilihatnya. Takdir kucing itu tergantung aksi kita, dan semua tergantung kita, apakah akan membuka atau membiarkan kotak itu tetap tersegel.

Demikian pula dengan dunia quantum, yang bersikap misterius jika seseorang memandangnya. How quantum world works suspectedly depends on whether someone is watching…. Hmm… Just wondering!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *