Artificial Intelligence di dunia pendidikan

Mendengar istilah artificial intelligence (AI), seolah-olah tak tersentuh oleh dunia pendidikan, pengajaran, kelas, dan aktifitas belajar mengajar, dan itu hanya milik dunia industri.Miris sekali bukan? Padahal dunia pendidikan adalah yang paling bertanggung jawab untuk menyiapkan kualitas sumber daya manusia, apalagi dengar-dengar Indonesia paling terdampak pada pergantian lapangan pekerjaan akibat revolusi industri. 

Well, anggapan ini tidaklah benar jika AI sama sekali tak menyentuh dunia pendidikan karena AI membuka pintu bagi segala kemudahan yang bisa dicapai dalam dunia pendidikan, antara lain:

1. software berbasis pendidikan untuk membantu kegiatan belajar siswa berdasarkan kebutuhan individu

2. Tutor berbasis AI yang memberikan bantuan belajar bagi siswa

3. Adanya program yang berfungsi meningkatkan kemampuan pendidik dengan cara memberi feedback yang bermanfaat, sehingga mereka bisa mengetahui kelemahan yang dimiliki dan berusaha nutuk memperbaikinya

4. Belajar lebih menyenangkan, bukan hal yang menakutkan

5. Keberadaan data yang dikelola AI memudahkan pendidik untuk menciptakan suatu kondisi pembelajaran yang kondusif sesuai kebutuhan siswa

AI bukan lagi suatu yang asing bagi dunia pendidikan, karena disinilah tercipta sebuah metode pembelajaran baru yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. 

Read more:

https://www.teachthought.com/the-future-of-learning/10-roles-for-artificial-intelligence-in-education/

Credit image to
https://www.shutterstock.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *