Di Amerika, Anak Penderita Autisme Mendapat Bantuan Pendidikan Khusus dari pemerintah

Di Amerika sendiri, jumlah anak yang mengidap autisme semakin bertambah sehingga pemerintah Federal Amerika pun mengeluarkan kebijakan terkait pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (IDEA). Kebijakan ini merupakan singkatan dari The Individuals with Disabilities Education Act (IDEA).

Berdasarkan undang-undang ini, seluruh sekolah negeri di Amerika Serikat harus menyediakan intervensi dan pendidikan inklusif kepada siswa yang terdeteksi masuk kategori berkebutuhan khusus. 

Dalam pelaksanaannya, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk berunding dan saling bekerjasama dalam kelangsungan pendidikan sang putra di sekolah negeri tersebut. Orang tua harus dilibatkan oleh pihak sekolah dalam perencanaan pendidikan bagi anak tersebut. Kebijakan ini membuat setiap anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan Free and appropriate education (FAPE) dan juga The Least Restrictive Environment (LRE). Ini memungkinkan ABK untuk dapat berinteraksi di lingkungan normal dan berkawan dengan rekan-rekannya yang lain dan dapat memperoleh pendidikan sesuai kebutuhan mereka. Dan pembiayaan terapi pendidikan tersebut ditanggung oleh pemerintah.

Ini adalah wujud tanggung jawab pemerintah untuk memastikan anak-anak di negara tersebut mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di Indonesia sendiri terapi untuk anak autisme masih tergolong mahal dan hanya bisa diakses oleh kalangan menengah ke atas, sedangkan orang tua golongan menengah ke bawah mungkin harus pasrah bahwa anaknya yang berkebutuhan khusus harus tumbuh tanpa memperoleh pendidikan dan terapi yang layak. 

Ini saatnya menjadi pertimbangan pemerintah, bukan? Untuk memastikan bahwa keadilan sosial bisa terjadi, intervensi dari pemerintah diperlukan. 

Read more:

https://otsimo.com/en/autism-legal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *