Apakah SpeechMatch bisa menjadi terapi autisme yang efektif?

Courtesy of SpeechMatch.comhttps://www.speechmatch.com

Semakin teknologi berkembang, semakin banyak peluang yang bisa digunakan untuk memberi terapi efektif untuk autisme. Jika anda pernah mendengar Speechmatch, ini adalah suatu inovasi mutakhir yang memberi jawaban akan kebutuhan terapi pendidikan bagi anak autis. Ini merupakan sebuah computer-assisted program yang memberikan fungsi khusus dalam penyediaan feedback langsung saat anak yang diterapi berusaha mencocokkan fitur akustik dalam program tersebut. Program ini bisa diinstall di iPad ataupun tablet dan lain-lain dan bisa ditemukan di https://www.speechmatch.com.

Program ini diciptakan berdasarkan penelitian di bidang psycholinguistic, terdapat istilah yang dikenal dengan sebutan vocal congruence di mana terdapat proses aktifitas matching dalam sebuah conversational speech. Nah berdasarkan penelitian tersebut, seseorang yang mampu mencocokkan rumus akustik termasuk volume, pitch dan juga ritme memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi sosial yang bagus, yang berbeda dengan anak penderita autism yang tidak mampu untuk mencocokkan pattern tersebut dengan efektif.

Program ini sudah diuji oleh Lawrence Welkowitz dan anda bisa membaca artikelnya lebih detail di http://www.hoajonline.com/autism/2054-992X/6/1. Dia menjelaskan bagaimana efektifitas speechmatch diuji untuk mengetahui apakah dia bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan terkait kurangnya kemampuan berkomunikasi anak autis saat berinteraksi sosial dengan lain. Anak yang terdiagnosis Autis cenderung memiliki permasalahan dalam prosody yang menghalangi mereka berfungsi secara efektif dalam interaksi sosial. Karena anak ASD cenderung lebih mudah menangkap informasi melalui stimulasi visual, maka penggunaan SpeechMatch dipercaya mampu memberi terapi pada permasalahan prosody tersebut. 

Hasil pengujian tersebut mengkonfirmasi efektifitas Speechmatch dalam mengatasi keterbatasan interaksi sosial pada penderita autisme. Hasilnya positif dan diyakini bahwa program software seperti ini dapat memberi feedback secara visual dan memberi accoustical matching pada volume, ritme dan pitch dengan tujuan meningkatkan kemampuan bercakap-cakap bagi penderita autis. Dan yang penting lagi, aktifitas ini mudah dilaksanakan baik di rumah maupun di sekolah.

Referensi 

http://www.hoajonline.com/autism/2054-992X/6/1

https://www.speechmatch.com

Penulis: Uning M — Seorang ibu satu anak, penulis, dan dosen di salah satu perguruan tinggi di kota Malang. Sangat peduli terhadap dunia pendidikan anak, educational policies and analysis, autism therapy, digital learning, dan digital citizenship awareness. Selain mengelola situs parentingwww.mamauning.com, dia juga concern pada dunia pendidikan dan scholarships yang bisa dikunjungi dalam situs www.dapatkanbeasiswa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *