Bagaimana Jika Anak Menolak Makanan?

Bagi anak berkebutuhan khusus yang  tergolong autisme.  Ada beberapa yang langsung bereaksi negatif terhadap makanan tertentu akibat stimulasi dari tekstur, rasa maupun warna makanan yang terlalu overwhelming. Demikian juga dengan anak yang memiliki Down Syndrome,  mereka biasanya tidak suka makanan yang keras dan lebih menyukai makanan yang agak lembek karena mengunyah atau menelan membawa tantangan tersendiri.

Salah satu trik yang  dapat membantu adalah dengan tetap memberikan mereka  makanan-makanan tersebut tanpa harus dipaksa makan banyak, setiap pencapaian kecil sangatlah disyukuri.

Tetapi apabila mereka berhasil melakukannya, respon positif anda akan membuat mereka merasa terapresiasi, bahwa si anak berhasil mengalahkan tantangan tersebut.  Ini membuat mereka termotivasi untuk melakukan lebih dari batasan yang mereka miliki. 

Apabila mereka berhasil memakan mengunyah makanan sedikit keras, lalu kita bisa mengapresiasinya, itu membuat  mereka merasa bahwa mereka berhasil menaklukkan tantangan tersebut. Jadi bukan berarti mereka tidak suka  lalu demi kasih sayang kita menghindarkannya. Ijinkan mereka go beyond limit agar bisa keep improving, dan ini adalah sebuah wujud kasih sayang yang jauh lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *