Trik membantu mencegah anak berkebutuhan khusus agar terhindar dari obesitas

Mungkin bagi orangtua yang memiliki budget yang besar,  memiliki ahli nutrisi langganan  yang terus mendampingi  orang tua dalam memberikan makanan terbaik bagi anaknya adalah hal yang tidak menjadi masalah karena longgarnya keuangan di kantong.

Namun lain halnya dengan orang tua yang memiliki budget terbatas,  mereka harus berjuang secara mandiri dengan bantuan yang terbatas untuk mendidik anak  dan memastikan nutrisi terbaik bagi anak mereka yang berkebutuhan khusus.

Kali ini kita akan membahas tentang pemberian nutrisi pada anak, terkhusus anak berkebutuhan khusus yang memiliki permasalahan  obesitas. 

Mereka memiliki kondisi yang membatasi pergerakan aktif  sehingga tidak dapat bergerak dengan aktif dan lincah  seperti halnya anak-anak yang lain. Namun ketika dibiarkan begitu saja, skala berat badan menjadi semakin meningkat dan membunyikan alarm kekhawatiran bagi para orangtua.

Orangtua bisa melakukan tindakan pencegahan  dengan mengurangi konsumsi gula,  garam, makanan instan dan makanan dalam kemasan, karena di situ adalah faktor penyebab gaya hidup yang tidak sehat.

Tapi dengan orang tua yang telaten memasak sendiri, mengatur kadar gula dan kadar garam  sesuai dengan gaya hidup sehat  adalah suatu upaya  memberikan keistimewaan bagi anak berkebutuhan khusus autisme untuk merasakan gaya hidup sehat.

 Selain makanan yang sehat, ada beberapa cara agar mereka bisa tetap aktif, yakni dengan mengajak jalan-jalan seperti shopping bersama.  Dengan hal itu mereka mungkin akan tergerak untuk aktif  dalam bereksplorasi.

Perlu diketahui untuk mencari makanan sehat, pastikan makanan ringan yang diberikan memiliki kandungan lemak tidak lebih dari 2 gram saturated fat  dan tidak lebih dari 3 gram  fiber atau serat. 

Selain itu, terkadang obesitas bisa muncul akibat efek samping dari obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Beberapa obat-obatan antidepresan dan mood stabilizers  memiliki keterkaitan dengan penambahan berat badan sehingga apabila mengarah pada obesitas, maka sebaiknya  orang tua berdiskusi lagi dengan dokter untuk mencari alternatif obat yang memiliki efek samping lebih rendah.

Tentang Penulis

Uning M adalah seorang education and history enthusiast, dosen, sekaligus penulis novel yang memiliki minat besar terhadap topik-topik terkait anak berkebutuhan khusus, homeschooling, parenting, educational disparity, educational policy analysis & evaluation dan sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *